Jumat, 08 Januari 2016

Berkenalan Lebih Dekat Dengan Sosok Marko Grujic

Hanya meraih dua kemenangan (masing-masing 1-0) dan mencetak empat gol dari lima pertandingan terakhir, Liverpool memutuskan untuk bergerak cepat  dalam menyikapi hadirnya bursa transfer di bulan Januari ini. Kekurangan sosok pemain kreatif (dimana The Reds sangat bergantung kepada Philipe Coutinho) disinyalir menjadi penyebab Liverpool kesulitan mengembangkan permainannya. Tidak mau kehilangan momen mereka memutuskan untuk merekrut pemuda 19 tahun bernama Marko Grujic.


Marko lahir di ibukota Serbia Belgrade pada 13 April 1996. Marko merupakan produk asli dari akademi Red Star, klub yang berdomisili di kota tersebut. Pada Mei 2013 dirinya memperoleh debut perdananya bersama Red Star ketika mereka bertanding melawan Vojvodina. Dalam kurun dua tahun, Marko sudah memperoleh 11 caps dimana sepuluh diantaranya dimainkan di kompetisi liga. Pada musim 2014-15 dirinya sempat dipinjamkan ke klub divisi dua Serbia, Kolubara. Bersama Kolubara, Marko mencatatkan lima penampilan dan mencetak dua gol.

Pada awal musim ini Marko sudah mencatatkan 21 penampilan dengan lima gol bersama Red Star. Penampilannya pun menjadi sorotan tim-tim besar eropa karena kemampuannya yang dapat bermain di tiga posisi baik sebagai Gelandang bertahan, gelandang tengah, atau sebagai playmaker. Kemampuannya dalam menahan bola dan melepaskan umpan jauh disebut-sebut mirip dengan Nemanja Matic. Berkat kemampuannya itu, kini Red Star berada di peringkat pertama beselisih 25 poin dengan runner up Cukaricki dan sampai saat ini masih berstatus belum terkalahkan. 

Jika melihat dari postur Marko yang tinggi menjulang, jelas duel udara menjadi kelebihan dalam diri Marko. Hal ini bahkan dijelaskan langsung oleh manager The Reds sendiri yaitu Juergen Klopp.

"Untuk menjelaskan dia (Marko), saya bisa mengatakan dia adalah pemuda yang tinggi. namun dia cepat dan punya tekhnik yang bagus." Ujar Klopp. Klopp juga menambahkan bahwa Marko masih bisa berkembang menjadi lebih baik lagi karena usianya masih sangat muda.

Selain duel udara, kemampuan lain yang dimiliki Marko adalah visi bermainnya yang sangat baik ketika menyerang maupun bertahan. Salah seorang jurnalis Serbia, Vlastimir Stevanovic mengatakan bahwa jika harus membandingkan dengan salah seorang pemain, dirinya akan membandingkan Marko dengan sosok legenda Liverpool Steven Gerrard. Vlastimir mengatakan demikian karena kemampuan menyerang Marko memiliki kemiripan dengan Stevie G. Stevanovic pun menambahkan bahwa gaya permainan box to box ala Paul Pogba pun ada dalam diri Marko. 

Mentalitas pun menjadi nilai tambah dalam diri Marko. Hal ini diutarakan langsung oleh pelatih yang membawa Serbia juara Piala Dunia U20, Zeljko Paunovic. "Dia memiliki mental yang bagus. Dia tidak terlahir sebagai leader tapi dia berani bermain dalam partai-partai besar." Ujar Zeljko seperti dilansir dari Sky Sports.

Marko ketika menjuarai Piala Dunia U20 Juni 2015 lalu (Four-Four Two)

Satu-satunya kelemahan yang dimiliki oleh Marko adalah minimnya caps internasional. Meskipun dirinya adalah bagian dari keberhasilan Serbia U20 menjuarai Piala Dunia U20 di Selandia Baru, namun dirinya tidak terlibat terlalu banyak. Sepanjang turnamen dirinya pun lebih banyak masuk sebagai pemain pengganti.

Meskipun dirinya sudah resmi direkrut oleh pemilik lima gelar Liga Champions tersebut, dirinya akan tetap bersama Red Star hingga akhir musim. Meskipun begitu, dirinya mengaku sudah tidak sabar untuk bermain di Anfield.

"Saya sangat bangga berada di sini dan menjadi bagian dari Liverpool. Saya sudah tidak sabar untuk segera mulai, bermain di Anfield dan berlatih di Melwood. Saya hanya berpikir untuk meningkatkan kemampuan saya dan semoga segala sesuatunya berjalan dengan baik."

Meskipun dirinya sudah dibanding-bandingkan dengan beberapa pemain kelas dunia. Namun ada baiknya kita tidak mengharapkan sesuatu yang lebih dari pemain yang masih hijau di ranah persepakbolaan dunia. Hal ini ditakutkan akan membuat perkembangan Marko menjadi terganggu karena beban yang dipikulnya sangatlah berat. Apalagi banderol yang dikeluarkan Liverpool  (menurut Sky Sports) terbilang cukup tinggi yaitu 5,1 juta pounds.

Para pendukung Liverpool pastinya sudah tidak sabar untuk menyaksikan bagaimana aksi Marko ketika bermain nanti di Anfield. Para fans setia The Reds sejauh ini hanya bisa bersabar menunggu hingga pertengahan 2016 mendatang. Namun sembari menunggu ada baiknya para fans setia Liverpool berdoa agar Marko tidak menjadi pembelian gagal Liverpool layaknya Andy Carroll ataupun Thiago Illori.

Sumber : Sky Sports, Mirror, Transfermarkt
Sumber Gambar : smeaker, Fourfourtwo









Tidak ada komentar:

Posting Komentar